Menu Tab

KOMPAS.com - Edukasi

Rabu, 12 Agustus 2009

Tugas Kelompok Kelas XIA/B

Buatkan sebuah rangkuman yang di dalamnya terdapat beberapa bagian antara lain:

1. Apache Server.
2. MySQL Server.
3. PHP.
4. PHP Framework.
5. XHTML.
6. CSS.

Di kirimkan dalam bentuk dokument word (.doc) atau dalam bentuk open office document paling lambat tanggal 20 Agustus 2009 jam 08:00 PM BBWI dikirimkan ke e-mail gurusmkbima@yahoo.co.id dengan susunan sebagai berikut:

1. Halaman depan Logo SMK BIMA Bojonegoro dengan diikuti nomer induk siswa dan nama kelompoknya.
2. Halaman berikut berisi tentang ringkasan artikel yang akan dibuat yang memuat 6 point di atas.

3. Halaman terakhir memuat tentang daftar pustaka. Adapun format daftar pustaka adalah sebagai berikut:

Rujukan dan Daftar Pustaka 


Kutipan Langsung
Contoh:
Soebronto (1990:123) menyimpulkan “ada hubungan yang erat antara faktor sosial ekonomi dengan kemajuan belajar” 
Atau: kesimpulan dari penelitian tersebut adalah “ada hubungan yang erat antara faktor sosial ekonomi dengan kemajuan elajar”(Soebronto, 1990:123)

Kutipan Tidak Langsung
Merupakan kutipan yang dikemukakan bahasa penulis sendiri tanpa tanda kuitp.
Contoh :
- Salimin (1990:13) tidak menduga bahwa mahasiswa tahun ketiga lebih baik daripada mahasiswa tahun keempat.
- Mahasiswa tahun ketiga ternyata lebih baik daripada mahasiswa tahun keempat (Salimin, 1990:13)

Rujukan dari Buku
- Strunk, W., Jr. & White, E.B. 1979. The Elements of Style (3rd ed). New York: Macmillan.
- Dekker, N. 1992. Pancasila sebagai Ideologi Bangsa: Dari Pilihan Satu-satunya ke Satu-satunya Azas. Malang: FPIPS IKIP MALANG.

Jika Pengarang dan Tahun sama
Maka penulisan dilakukan dengan, pada tahun ikuti dengan lambang a,b,c serta mengurutkan abjad Judul. Contoh
- Cornet, L. & Weeks, K. 1985a, Career Ladder Plans: Trends and Emerging Issues-1985. Atlanta, GA:Career Ladder Clearinghouse.
- Cornet, L. & Weeks, K. 1985b, Planning Career Ladders: Lesson from the States.Atlanta, GA:Career Ladder Clearinghouse.

 
Rujukan dari Buku Kumpulan Artikel (Ada Editornya)
Seperti menulis rujukan pada buku ditambah tulisan (Ed.) Jika ada satu editor dan (Eds.) jika Editor lebih dari satu, diantara nama pengarang dan tahun terbitan.
- Hartley, J.T., Harker, J.O. & Walsh, D.A. 1980. Contemporary Issues and New Directions in Adult Development of Learning and Memory. Dalam L.W. Poon (ed.), Aging in the 1980s: Physchological Issues (hlm. 239-252). Washington, D.C.: American Psychological Association.
- Hasan, M.Z., 1990. Karakteristik Penelitian Kualitatif. Dalam Aminuddin (Ed.), Pengembanganan Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bahasa dan Sastra (hlm. 12-25). Malang:HISKI Komisariat Malang dan YA3.

Rujukan dari Artikel dalam Jurnal
Keterangan:
- Judul: Huruf Tegak
- Nama Jurnal: Huruf Miring
- Tahun ke berapa, Nomor berapa (dalam kurung), Nomor Halaman dari artikel tsb. Contoh:
Hanafi, A. 1989. Partisipasi dalam Siaran Pedesaan dan Pengadopsian Inovasi. Forum Penelitian, I (1):33-47

Rujukan dari Koran Tanpa Penulis
Nama Koran ditulis di bagian awal. Tahun, Tanggal, dan bulan ditulis setelah nama koran, kemudian judul ditulis dengan huruf besar-kecil dicetak miring dan diikuti dengan nomor halman. Contoh:
- Jawa Pos. 1995, 22 April. Wanita Kelas Bawah Lebih mandiri. Hlm. 3

Rujukan dari Dokumen Resmi Pemerintah
- Diterbitkan oleh Suatu Penerbit Tanpa Pengarang dan Tanpa Lembaga.
- Judul atau nama dokumen ditulis di bagian awal dengan cetak miring, diikuti tahun penerbitan dokumen, kota penerbit dan nama penerbit. Contoh:
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: Diperbanyak oleh PT. Armas Duta Jaya.

Rujukan dari Lembaga yang ditulis atas nama Lembaga tsb
Nama Lembaga penanggung jawab langsung ditulis paling depan, diikuti dengan tahun, judul karangan, nam tempat penerbitan, dan nama lembaga tertinggi yang bertanggung jawab atas penerbitan karangan tersebut, contoh:
- Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta:Departmen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rujukan berupa Karya Terjemahan
Nama pengarang asli ditulis paling depan, diikuti tahun penerbitan karya asli, judul terjemahan, nama penerjemah, tahun terjemahan, nama tempat penerbitan dan nama penerbit terjemahan. Apabila tahun penerbitan buku asli tidak dicantumkan, ditulis dengan kata Tanpa Tahun. Contoh:
- Ary, D., Jacobs, L.C. & Razavieh, A. Tanpa tahun. Pengantar Penelitian Pendiidkan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha Nasional.

Rujukan Berupa Skripsi, Tesis atau Disertasi
Nama penyusun ditulis paling depan, diikuti tahun yang tercantum pada sampul judul skripsi, tesis atau disertasi ditulis dengan garis bawah diikuti dengan pernyataan skripsi, tesis atau disertasi tidak diterbitkan, nama kota tempat perguruan tinggi, dan nam fakultas serta nama perguruan tinggi, Contoh:
- Panggaribuan, T. 1992. Perkembangan Kompetensi Kewacanaan Pembelajar Bahasa Inggris di LPTK. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana IKIP MALANG.

Rujukan Berupa makalah
- Makalah biasanya disajikan dlm Seminar, Lokakarya dll.
- Nama Penulis ditulis paling depan, tahun. Judul makalah ditulis dengan cetak miring, kemudian diikuti pernyataan “Makalah disajikan dalam..”, nama pertemuan, lembaga penyelenggara, tempat penyelenggaraan, tanggal, bulan. Contoh:
- Huda, N. 1991. Penulisan Laporan Penelitian untuk Jurnal. Makalah disajikan dalam Lokakarya Penelitian Tingkat Dasar bagi Dosen PTN dan PTS di Malang Angkatan XIV, Pusat Penelitian IKIP MALANG, Malang, 12 Juli.
- Karim, Z. 1987. Tatakota di Negara-negara Berkembang. Makalah disajikan dalam Seminar Tatakota, BAPPEDA Jawa Timur, Surabaya, 1-2 September.

Rujukan dari Internet berupa Karya Individual
Nama penulis ditulis seperti rujukan dari bahan cetak, diikuti tahun, judul karya tsb (dicetak miring) dengan diberi keterangan dalam kurung (online), dan diakhiri dengan alamat sumber rujukan tersebut disertai dengan keterangan kapan diakses, diantara tada kurung. Contoh:
- Hitchcock, S., Carr, L. & Hall, W. 1996. A Survey of STM Online Journals, 1990-1995: The Calm before the Storm, (Online), 
 (http://journal.ecs.sofon.ac.uk/survey/survey.html, diakses 12 Juni 1996).

Rujukan dari Internet berupa Artikel dari Jurnal
Nama penulis, diikuti secara berturut-turut tahun, judul artikel, nam jurnal (dicetak miring) dg diberi keterangan dalam kurung (online volume dan nomor, dan diakhiri dg almat sumber rujukan tersebut dengan keterangn kapan diakses, diantara tanda kurung. Contoh:
- Griffith, A.I. 1995. Coordinating Family and School: Mothering for Schooling. Education Policy Analysis Archives, (Online), Vol. 3, No. 1, 
(http://olam.ed.asu.edu/epaa/, diakses 12 Februari 1997).
- Kumaidi. 1998. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan, (online), Jilid 5, No. 4,  
(http://www.malang.ac.id, diakses 20 Januari 2000.

Rujukan dari Internet berupa Bahan Diskusi
Nama penulis ditulis seperti rujukan dari bahan cetak, diikuti tanggal, bulan, tahun, topik bahan diskusi, nama bahan diskusi (dicetak miring) dengan diberi keterangan dalam kurung (online), dan diakhiri dengan alamat e-mail sumber rujukan tersebut disertai dengan keterangan kapan diakses, diantara tanda kurung. Contoh:
- Wilson, D. 20 November 1995. Summary of C ting Internet Sites. NETTRAON Discusion List, (online), (NETTRAIN@ubvm.cc.buffalc.edu, diakses 22 Nopember 1995).

Rujukan dari Internet berupa E-mail Pribadi
Nama Pengirim (jika ada) dan disertai keterangan dalam kurung (alamat e-mail pengirim), diikuti secara berturut-turut oleh tanggal, bulan, tahun, topik isi bahan (dicetak miring), nama yang dikirimi disertai keterangan dalam kurung (alamat e-mail yang dikirim). Contoh:
- Davis, A. (a.davis@uwts.edu.au). 10 Juni 1996. Learning to Use Web Authoring Tols. E-mail kepada Alison Hunter (huntera@usq.edu.au).
- Naga, Dali S. (ikip-jkt@indo.net.id). 1 Oktober 1997. Artikel untuk JIP. E-mail kepada Ali Saukah (jippsi@mlg.ywcn.or.id).


Demikian harap diperhatikan apabila terjadi kesamaan antar kelompok dalam menyadur atau meringkas maka kelompok yang sama tidak akan mendapatkan nilai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar