Menu Tab

KOMPAS.com - Edukasi

Senin, 16 Februari 2009

Perkenalan Pemrograman Web

Web merupakan fasilitas hypertext yang dibangun untuk menampilkan data berupa teks, gambar, suara, animasi, dan data multimedia lainnya. Pada dasarnya web di bagi 2 yaitu:

Web Statis:
Halaman web yang menampilkan informas-informasi bersifat statis (tetap), karena tidak ada interaksi secara langsung antara pengguna dan media penyimpan dalam server (database) dengan halaman web tersebut. Sehingga halaman tersebut hanya berupa informasi saja, biasanya halaman web tersebut merupakan dokumen HTML yang disimpan dengan format ".html" atau ".htm".

Web Dinamis:
Halaman web yang dapat menampilkan informasi dan penggunanya dapat berinteraksi langsung untk mendapatkan informasi sesuai dengan kebutuhan yang tersedia. Biasanya informasi pada halaman tersimpan pada database (Microsoft SQL Server, Oracle, MySQL, Sysbase, SQLLite, Postgree dan lain sebagainya) sehinga data dapat diperbaharui setiap detik sesuai dengan topik yang diinginkan contoh web yang seperti ini adalah web pada media informasi, belanja online, pembelajaran, forum dan lain-lain.

Dalam sebuah web terdapat bahasa pemrograman yang terdiri dari 2 bagian yaitu:

Script Server Side:
Pemrograman berbasis script server side berarti sistem pemrogramannya dilakukan pada sisi aplikasi web server (apache, IIS, lighttpd, apache tomcat, dan sebagainya) sehingga pengguna web hanya dapat menerima hasil dari pemrosesan tersebut dalam bentuk dokumen yang berformat dalam tag-tag (kode-kode) HTML. Untuk pemrograman seperti ini biasanya adalah PHP, ASP/ASP.NET, CGI/Perl, JSP (Java Server Pages)/Servlet, CFM (Could Fussion), dan RB (Rubby) serta masih banyak lagi yang lainnya.

Script Client Side:
Pemrograman berbasis client side berarti proses dilakukan dari sisi penggunanya, hal ini biasanya dilakukan oleh browsernya (Opera, Mozilla, Microsoft Interent Explorer, Crhom, Netscape) sehingga pemrograman ini tergantung dari konfigurasi dari browser penggunanya, adapun contoh bahasa pemrogramannya adalah JavaScript, VBScript, HTML dan sebagainya.

Namun biasanya untuk pengembangan suatu web para programmer menggabungkan script server dan client side untuk menggurangi beban pada server.

Pada matapelajaran ini kita akan belajar tentang PHP dimana di sini kita akan menggunakan framework (kerangka kerja) untuk mempermudahkan kita dalam mengembangkan suatu web dengan cepat. Untuk penggunaan framework kita menggunakan PRADO, adapun kebutuhan akan bahan pembelajaran kita adalah sebagai berikut:

  1. Editor untuk web development ada beberapa editor yang bisa digunakkan seperti NetBeans, Eclips, Notepad, PHPed, Ultra Edit, Dreamwaever, atau yang lainnya. Namun disini saya menyarankan menggunakan Adobe Dreamwaever CS 3 (www.adobe.com).
  2. Browser untuk menampilkan aplikasi kita seperti yang telah dijelaskan pada "Script Client Side" bisa kita gunakan salah satu, namun disini kita akan menggunakan Mozilla Firefox (www.mozilla.org) di karenakan disini kita akan menggunakan sebagai proses debug secara live pada browser kita dengan menambahkan add-on untuk proses debug dengan nama FirePHP.
  3. Web Server untuk standartnya bisa menggunakana apache (www.apache.com) atau IIS (www.microsoft.com) untuk menginstall PHP (www.php.net) supaya bisa jalan.
  4. Database menggunakan MySQL (www.mysql.com) untuk pembuatan web dinamis.

Untuk point 3 dan 4 kita menggunakan aplikasi namanya XAMPP sebab kita cukup menginstall sekali saja sudah tersedia lengkap antara lain (apache, PHP, mysql, mail server, dan ftp server) disini terdapat versi windows dan linux silahkan anda pilih salah satu versi.